Install OS Menggunakan FlashDisk

www.edipurwanto2.com

Di kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial tentang sebuah software atau aplikasi yang fungsinya untuk installasi windows atau linux khususnya  laptop yang tidak mempunyai CD/DVD-ROM room alias Netbook ( mohon dimaafkan jika saya salah sebut). Software tersebut namanya Rufus. Dan cara installasi jenis ini pasti teman-teman bisa menebak kalau alat yang digunakan pastinya flashdisk.

Sebenarnya dalam sebuah netbook sudah dibenamkan system recovery yang sewaktu-waktu kita bisa menggunakannya jika system windows atau linux kita mengalami error. Dan kita bisa melakukan repaire atau install ulang tanpa CD/DVD installer. Dan menurut saya ini adalah sebuah kemudahan dan kelebihan.

Tetapi masalahnya menjadi lain jika sebuah Netbook  telah diinstall dengan Windows selain OS bawaan pabrikan Netbook tersebut. Kalau hal itu sudah dilakukan , berarti kita telah mengorbankan System Operation bawaan dan kerugian kita adalah kehilangan System Recovery yang ada dalam Netbook kita.

Sekarang kembali lagi ke software Rufus yang akan menyelesaikan masalah seperti yang saya sebutkan diatas. Dengan Rufus kita akan membuat bootable USB untuk Windows atau Linux, cara penggunaanya hampir mirip dengan aplikasi Yumi  ( akan saya posting di lain kesempatan ) dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa menginstall Windows atau Linux melalui USB. Cara ini bisa digunakan untuk membuat bootable Windows XP, 7, 8 / 8.1 juga Windows 10.

Sebelum mulai membuat bootable USB persiapkan dulu bahannya sbb :

  1.   Flashdisk 4-8 GB
  2.  File ISO Windows atau Linux
  3.  Rufus

Berikut tutorial bootable USB kedalam FlashDisk :


Download dulu softwarenya pilih salah satu Rufus_v1.3.1 DISINI atau Rufus_v1.3.3 DISINI atau Rufus_v1.4.10 DISINI

Klik kanan Rufus pilih run as administrator, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Tampilan dibawah adalah tampilan default Rufus. Dalam tutorial kali ini saya menggunakan flashdisk berukuran 4 GB, ada beberapa menu yang bisa kalian lihat dibawah ini

Device adalah nama FlashDisk kita
Partition scheme & target System Type menunjukkan jenis partisi yang tersedia di Netbook kita, support BIOS / UEFI
File System adalah jenis file yang digunakan pada FlashDisk. Biasanya memiliki file system FAT32, tapi saya sarankan pilih saja yang NTFS ( bebas )


www.edipurwanto2.com



Setelah itu klik gambar CD disebelah kanan tulisan ISO Image kemudian pilih file ISO yang ingin dijadikan bootable USB dan tunggu beberapa saat Rufus melakukan scaning file


www.edipurwanto2.com


Setelah selesai akan ada tampilan seperti dibawah ini, klik ok saja



www.edipurwanto2.com



Kemudian klik start maka rufus akan melakukan copy file ISO kita, untuk proses ini agak lama sekitar 7 hingga 10 menit


www.edipurwanto2.com


Setelah proses diatas selesai pilih close dan itu berarti proses pembuatan bootable USB selesai dan USB sudah siap untuk di gunakan


www.edipurwanto2.com


Aplikasi versi ini sudah teruji di Sony Vaio  SVE11135CW dan berhasil memuaskan.

Demikian postingan saya kali ini dan selamat mencoba

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Install OS Menggunakan FlashDisk"

Edi Sucipto said...

Hirens 2018 New Generation Support HDD GPT + UEFI-CSM READY!
cobain open source project rancangan ane gan >

IT Tools Pack Solution

(Tersedia Acronis 2018 + Norton Ghost + Minitool Partition Wizard Technician 9.1 + DLL)

#SalamSatuTeknologi

edi purwanto said...

Iya gan makasih infonya